Sabtu, 12 Maret 2011

cara mudah merawat mobil matic

Mengendarai mobil bertransmisi otomatis di jalanan ibukota atau kota besar yang tak pernah lepas dari jalanan macet, memang lebih menjanjikan kenyamanan ketimbang mobil bertransmisi manual. Tapi dibalik kenyamanan yang diperoleh, perangkat persneling matik membutuhkan perawatan melebihi taransmisi manual, terutama dalam urusan dengan gearbox.
>> Berikut hal-hal yang penting diketahui:
1. Automatic Transmision fluid
Di dalam gearbox matik, ada fluida yang namanya Automatic Tranasmission Fluid (ATF), fungsinya tidak sekedar melumasi. Prinsip hidrolis dalam gearbox matik memerlukan mediator. Terutama untuk mengatur perpindahan gigi dan merapatkan plat kopling. Jadi kalau viskositas/kekentalannya turun, tekanan yang dihasilkannya akan berkurang.
2. Proses pembakaran
Karena tidak ada proses pembakaran di tranasmisi matik, turunnya viskositas fluida disebabkan kontaminasi akibat masa pakai. Ini tidak bisa dihindari, karena setiap friksi yang terjadi di plat kopling, pasti menghasilkan muatan/grum pengkontaminasi.
3. Slip kopling
Gejala kerusakan transmisi matik bisa dirasakan dari slip kopling. Indikasinya terjadi ketidakseimbangan putaran mesin dengan laju mobil. Mesin sudah meraung di putaran tinggi, tetapi mobil berjalan dengan laju yang tidak seimbang dengan deru suara mesin.
4. Perpindahan gigi
Perpindahan gigi persneling juga menyentak, tak halus seperti biasa. Ini bisa dicek dengan memasukkan persneling ke posisi D atau R, lalu rem dilepas. Dalam kondisi sehat, mobil langsung bergerak. Bila tidak, patutu dicurigai ada masalah di transmisi matik.
>>Tips Tambahan:

a. Jangan memasukkan tuas ke posisi P (park) jika mobil belum benar-benar berhenti.
b. Jangan biarkan mobil terpakir dalam posisi D (drive). Kadang ini dilakukan oleh pengemudi yang biasa dengan mobil manual. Kebiasaan seperti ini wajib ditinggalkan, kalau tidak ingin plat kopling mobil anda cepat rusak. Cukup dengan memasukkan tuas ke posisi P maka mobil terpakir dalam posisi aman.
Sumber: 150 Tips Perawatan Mobil (Tahta TN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar